Pembagian hadits Ditinjau Sampainya Hadits pada Kita (bag akhir) 0

gilang samudra el-Muhith | 06.55 |


Hadits Ahad
Hadits Ahad adalah hadits yang tidak terkumpul syarat-syarat hadits mutawatir. (DR. Mahmud ath-Thohhan)
Kehujjahan hadits Ahad memerlukan penelitian dan istidlal sehingga apakah derajatnya sampai pada shohih atau tidak.

Pembagian Hadits Ahad
1. Masyhur
Adalah hadits yang diriwayatkan oleh tiga orang rowi (yang menerima dan menyampaikan hadits) atau lebih pada setiap tingkatan sanadnya akan tetapi tidak sampai pada batas mutawatir.
Contoh hadits Masyhur:
"Sesungguhnya Allah tidak akan mencabut ilmu dari hamba-hambaNya sekaligus, tetapi Dia akan mencabut ilmu dengan mematikan para ulama’. Sehingga ketika Allah tidak menyisakan seorang ‘alim-pun, orang-orang-pun mengangkat pemimpin-pemimpin yang bodoh. Lalu para pemimpin itu ditanya, kemudian mereka berfatwa tanpa ilmu, sehingga mereka menjadi sesat dan menyesatkan orang lain." (HSR. Bukhari no:100, Muslim, dan lainnya)

Hadits Masyhur tidak semuanya shohih, ada juga yang hasan, dho'if bahkan maudhu'. Akan tetapi kerojihannya (kekuatannya) diatas hadits 'Aziz dan Ghorib.

2. Hadits "aziz
Adalah hadits yang diriwayatkan tidak lebih dari dua orang rowi pada tiap tingkatan sanadnya.
DR. Mahmud ath-Thohhan dalam kitabnya Taisir Musthalah al-Hadits menjelaskan : "Bahwa tidak ditemukan pada tiap tingkatan sanadnya yang kurang dari dua orang rowi. Walaupun ditemukan pada sebagian tingkatan sanadnya rowi yang lebih dari tiga bahkan lebih dari itu tidak menjadi masalah. Dengan syarat pada sebagian sanad yang lain terdapat dua dua orang rowi(yang meriwayatkan)walaupun hnaya satu."

Contoh hsfits 'Aziz, hadits yang diriwayatkan oleh imam al-Bukhori dari shahabat Anas :"Tidak sempurna iman kalain sehingga aku (Rasulullah saw) lebih ia cintai daripada orang tua, anak, dan manusia seluruhnya."

3. Hadits Ghorib
Adalah hadits yang diwiriwayatkan hanya satu orang rowi.

Pembagian hadits Ghorib :
1. Ghorib Muthlaq
Adalah hadits yang ke-ghorib-annya terjadi/terdapat pada pokok sanad (tingkat shahabat).
Contoh hadits Ghorib Muthlaq, hadits tentang "innamal A'malu binniyyaati". hadits ini terdapat banyak sumber riwayat, akan tetapi kesemuanya itu bersumber dari satu orang shahabat yakni Umar bin al-Khaththab.
2. Ghorib Nisby
Adalah hadits yang ke-ghorib-annya terletak pada pertengahan sanah.
Contoh : hadits yang diriwayatkan dari Malik (menerima) dari Az-Zuhri (menerima) dari shahabat Anas, sesungghnya Rasulullah saat masuk Makkah pada kepalanya terdapat penutup." Hadits ini diriwayatkan oleh beberapa shahabat akan tetapi pada pertengahan sanad hanya satu sumber yaitu Malik dari Az-Zuhri.

0 Responses So Far:

 
gilang samudra Copyright © 2010 Prozine Theme is Designed by Lasantha Home | RSS Feed | Comment RSS